Wednesday Sep 03

Universitas Islam Madinah

Kota Madinah merupakan salah satu dari dua kota yang pernah menjadi tempat tinggal manusia yang paling mulia, Rasululullah Muhammad SAW. Di kota ini terdapat perguruan tinggi yang terkenal ilmu keislamannya, terpandang alumninya, serta kealiman dan kerendahan hati para dosennya. Perguruan tinggi itu bernama Universitas Islam Madinah (UIM).

UIM didirikan atas Instruksi Kerajaan nomor 11 tanggal 25 Rabi’ul Awwal 1381 Hijriyah (sekitar 1961). Kemudian diperkuat dengan Keputusan Raja nomor 21 tanggal 16 Rabi’ut Tsāni pada tahun yang sama. Saat ini UIM dipimpin oleh Prof Dr Muhammad bin Ali al-‘Uqla.

UIM memiliki beberapa fakultas dan jurusan, yaitu: (1) Fakultas Syariah dengan Jurusan Fiqh, Usul Fiqh, Peradilan dan Politik Islam (Siyasah Syariah), Ekonomi Islam, dan Perundang-Undangan. (2) Fakultas Usuluddin dan Dakwah dengan Jurusan Teknologi Informasi, Sejarah Islam, Pendidikan, Dakwah dan Kebudayaan Islam, dan Akidah. (3) Fakultas Ilmu al-Quran dengan Jurusan Ilmu Qirāat dan Ilmu Tafsir. (4) Fakultas Hadis dengan Jurusan Ilmu Hadis dan Fiqh Sunnah. (5) Fakultas Bahasa Arab yang terdiri dari Jurusan Bahasa serta Sastra Arab.

 

Visi dan misi

Visi UIM yaitu berupaya dengan sungguh-sungguh menjadikan UIM sebagai menara ilmu pengetahuan Islam bertaraf internasional, serta mencetak manusia berkualitas tinggi dalam ilmu-ilmu pengetahuan Islam, Arab, dan ilmu pengetahuan lainnya.

Visi di atas kemudian dijabarkan dalam bentuk tujuan-tujuan yang telah ditetapkan, di antarannya: (1) Menyampaikan misi abadi Islam kepada dunia dengan media dakwah dan pengajaran di perguruan tinggi baik strata satu (S1), S2, maupun S3. (2) Menanamkan jiwa keislaman dan mengembangkannya, dan memperdalam praktik-praktik beragama di dalam kehidupan individu dan masyarakat yang berlandaskan keikhlasan dalam ibadah kepada Allah semata dan mengikuti perintah Rasulullah SAW. (3) Menyajikan karya ilmiah, menerjemahkan, memublikasikan serta memberikan dukungan dalam ilmu pengetahuan Islam dan Arab secara khusus dan pengetahuan lainnya dalam cabang-cabang ilmu pengetahuan kemanusiaan yang dibutuhkan masyarakat Islam secara umum. (4) Memberikan pengetahuan umum kepada penuntut ilmu dari kalangan Islam seluruh dunia dan membentuk ulama yang spesialis dalam ilmu pengetahuan Islam dan Arab, dan para ahli fikih dalam agama yang berbekal ilmu pengetahuan untuk mendakwahkan Islam, serta memberikan solusi terhadap permasalahan kaum Muslimin dalam urusan agama dan dunia berlandaskan pentujuk al-Quran , as-Sunnah dan pedoman dari para salaf şhalih. (5) Menghimpun warisan ilmu pengetahuan Islam dan merawat, menjaga, melaksanakan dan menyebarkannya. (6) Membangun dan mempererat ikatan keilmiahan dengan universitas-universitas serta institusi-institusi lainnya.

Di samping memiliki visi dan tujuan, UIM juga memiliki beberapa landasan keislaman yang tertuang dalam setiap kegiatannya, di antaranya: (1) Kalkulasi, maksudnya segenap staf UIM percaya bahwa setiap penghargaaan yang dihasilkan selama ini tidak lebih dari sekadar penghargaan duniawi, tetapi yang jauh lebih penting adalah penghargaan yang diberikan oleh Allah SWT serta sikap saling menasihati untuk kemaslahatan bersama, (2) Global, maksudnya memiliki unversitas bertaraf global yang mampu mensyiarkan agama Islam yang abadi. (3) Kualitas dan Keunggulan, maksudnya UIM berkomitmen memberikan sistem berkualitas yang berbasis penerimaan yang baik untuk menjamin kualitas serta melanjutkan pengembangan kemampuan alumni-alumninya. (4) Moderat dan berimbang, yang diartikan bahwa UIM memiliki kurikulum yang moderat, yang mampu berdiri di tengah-tengah pendapat yang benar. (5) Keadilan, maksudnya UIM berkomitmen mewujudkan keadilan serta memiliki standar peluang dan integritas dalam segala bentuk kerjasama. (6) Kerjasama, UIM mengusahakan untuk membuka seluas-luasnya kesempatan kerjasama dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU) antarperguruan tinggi sedunia, dan berkontribusi memberikan bantuan beasiswa bagi peserta MoU di seluruh dunia. (7) Transparansi, UIM berkomitmen mengutamakan kejujuran serta kredibilitas dalam setiap keputusan dan kegiatan. (M Deny Irawan/berbagai sumber)

 

Language

Indonesian Arabic Chinese (Simplified) English French German Italian Japanese Korean Russian Spanish Thai

LOGO







k